Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Bahasa Pada Duolingo Menggunakan Metode PIECES Framework
DOI:
https://doi.org/10.57203/session.v3i1.2024.33-40Kata Kunci:
Kepuasan Pengguna, pieces framework, duolingoAbstrak
Di era digital saat ini, teknologi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Duolingo adalah salah satu aplikasi yang memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran bahasa asing dan terkenal karena metode interaktifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna Duolingo terhadap keberhasilan pembelajaran bahasa asing dengan menggunakan metode PIECES Framework, yang mengevaluasi enam aspek utama: Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, dan Service. Metode ini dipilih karena kemampuannya dalam memberikan analisis komprehensif mengenai berbagai aspek yang memengaruhi kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator Performance memperoleh nilai rata-rata 4,395 (Sangat Puas), Information and Data 4,270 (Sangat Puas), Economic 4,156 (Puas), Control 4,067 (Puas), Efficiency 4,343 (Sangat Puas), dan Service 4,211 (Sangat Puas). Berdasarkan analisis menggunakan metode PIECES Framework mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 4,240, yang menunjukkan bahwa kepuasan pengguna terhadap aplikasi Duolingo secara keseluruhan berada dalam kategori "Sangat Puas". Ini mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna dan keberhasilan pembelajaran bahasa yang sangat tinggi melalui aplikasi Duolingo.
Referensi
[1] E. Kochkarova, R. Kiyasova, G. Qodirova, and M. Abdujabbarova, “Technology for the development of foreign language learning motivation among technical students,” E3S Web Conf., vol. 420, p. 10033, Sep. 2023, doi: 10.1051/e3sconf/202342010033.
[2] D. Curry, “Duolingo Revenue and Usage Statistics (2024),” Bussiness of Apps. Accessed: Apr. 19, 2024. [Online]. Available: https://www.businessofapps.com/data/duolingo-statistics/
[3] D. P. Harianto, J. N. U. Jaya, and D. Darmansyah, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Whatsapp Sebagai Media Berbagi Informasi Menggunakan Metode Pieces Framework,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 3, pp. 306–313, Apr. 2022, doi: 10.47065/josh.v3i3.1547.
[4] A. Al Kaafi and H. Rachmi, “Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 119–128, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
[5] S. Mulyani and Fatoni, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Layanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Ogan Ilir Pada Kecamatan Pemulutan Menggunakan Metode Pieces Framework,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 3, no. 3, pp. 535–543, Jun. 2022.
[6] M. Darwi, Islamiyah, and M. L. Jundillah, “Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik,” Adopsi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–70, Jun. 2023, doi: 10.30872/atasi.v2i1.459.
[7] Y. R. Sari and E. Nurmiati, “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta),” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 5, no. 2, pp. 309–313, 2021, doi: 10.30743/infotekjar.v5i2.3349.
[8] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2019.
[9] N. Siti, “Penerapan metode Dematel dan Aras dalam Pengambilan Keputusan Multi Kriteria : Studi Kasus Pemilihan Aplikasi EWallet di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 2060–2078, 2023.
[10] D. Evitria, J. N. Utamajaya, and A. Hermawansyah, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 522–527, Jun. 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i3.4100.
[11] M. Rusdi and Waskito, “Analisis dan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Peserta Ujian Daring Mata Kuliah Umum di Universitas Negeri Padang Menggunakan PIECES Framework,” Jav. J. Vokasi Inform., vol. 3, no. 3, pp. 160–165, Feb. 2024, doi: https://doi.org/10.24036/javit.v3i3.164
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Fariz A, Muhammad Muharrom

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.