Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Antrian Klinik (SIANTIK) Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.57203/session.v2i02.2024.47-52Keywords:
Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Sistem Antrian, Klinik, Metode FifioAbstract
Dinas Kesehatan Banyuwangi menaungi beberapa faskes diantaranya 45 puskesmas, 13 rumah sakit, dan 34 klinik yang manajemen datanya saling berintegrasi. Pada umumnya antrian di klinik masih menggunakan cara yang konvensional, sehingga dianggap kurang lengkap dan akurat. Antrian terjadi disebabkan kemampuan pelayanan tidak dapat melayani kebutuhan pengguna, sehingga pengguna harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan. Dengan adanya antrian, pasien akan dipanggil berdasarkan nomor antrian yang didapatkan sehingga kegiatan yang ada di klinik dapat berlangsung dengan teratur. Maka dari itu perlu adanya sistem antrian pasien yang bertujuan untuk mempermudah dalam pengelolaan antrian dan pengambilan nomor antrian oleh pasien. Adapun sistem antrian pasien yang dimaksud adalah memungkinkan pasien untuk mengetahui jadwal dokter, mengetahui jenis layanan yang ada di klinik, mendaftar antrian dan melihat daftar antrian dari rumah. Selain itu bagi admin klinik di Banyuwangi, sistem antrian pasien dapat digunakan untuk memanajemen data pengunjung klinik, data antrian, dan data dokter yang bertugas di klinik. Metode penelitian sistem antrian klinik (SIANTIK) menggunakan metode fifo (first in first out) dengan menggunakan perancangan ERD (Entity Relationship Diagram) dengan menggunakan database MySQL. Sistem antrian klinik (SIANTIK) bertujuan untuk memudahkan pasien dalam berobat ke klinik dan mengecek antrian yang berlangsung secara real time. Selain itu sistem antrian ini dapat membantu pihak klinik dalam menganalisis waktu pelayanan dokter dan memanajemen kunjungan pasien ke klinik.
References
Lukman Rais, H., Woro Murtini, T., & Setioko, B. (2015). KANTOR DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUDUS (Doctoral dissertation, FAKULTAS TEKNIK UNDIP).
Nurrahma, D. A., Ridwan, A. Y., & Santosa, B. (2016). Usulan Perencanaan Kebijakan Persediaan Vaksin Menggunakan Metode Continuous Review (s, S) Untuk Mengurangi Overstock di Dinas Kesehatan Kota XYZ. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(02), 47-51.
Hazimah, M., & Rizki, M. (2020). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Rawat Jalan Pada Klinik Insan Permata Berbasis Web. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(2 Desember), 71–80. https://doi.org/10.34306/abdi.v1i2.220
Meianti, A., Rohman, H., & Mayretta, A. (2018). Perencanaan Implementasi Unit Kerja Rekam Medis Untuk Klinik Pratama Pancasila Baturetno Wonogiri. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 135-141.
Astuti, E. F., & Sari, P. K. (2019). ANALISIS BUDAYA KEAMANAN INFORMASI DI KLINIK PRATAMA KOTA BANDUNG. Jurnal Mitra Manajemen, 3(3), 314–325. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i3.212
Susanto Anna Dara Andriana, R. (2016). Perbandingan model waterfall dan prototyping untuk pengembangan sistem informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM.
F. Fatmawati and J. Munajat, “Implementasi Model Waterfall Pada Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web (Studi Kasus: PT.Pamindo Tiga T),” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.559
An’ars, M. G. (2022). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Key Performance Indicator (KPI) dalam Mengukur Kinerja Guru. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 8. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v3i1.1940
Syarif, Muhamad. (2021). Analisis Metode Pengujian Perangkat Lunak Blackbox Testing dan Pemodelan Diagram UML pada Aplikasi Veterinary Services yang Dikembangkan denganModel Waterfall.Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK) Vol. 5 , No. 2, Juli 2021.
Hanifah, U., Alit, R., & Sugiarto, S. (2016). Penggunaan metode black box pada pengujian sistem informasi surat keluar masuk. Scan: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(2), 33-40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erly Mulyani, Dianni Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.