STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG DI UMKM MAWAR INDAH KECAMATAN KALIPURO KABUPATEN BANYUWANGI

Penulis

  • yuyun wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v1i1.2022.01-10

Kata Kunci:

analisis SWOT, Keripik pisang, Matriks IE, UMKM Mawar Indah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal serta merekomendasikan alternatif strategi yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha keripik pisang di UMKM Mawar Indah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Matriks IFAS (Internal Strategic Factor Analysis Summary), Matriks EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary) dan Matriks SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM Mawar Indah memiliki lima faktor kekuatan, empat faktor kelemahan, tiga faktor peluang, dan tiga faktor ancaman. Hasil analisis menggunakan Matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa UMKM Mawar Indah berada pada sel 5 yaitu mempertahankan kualitas produk dan pelayanan yang sudah ada, mengembangkan varian rasa dari produk serta menjalin kerjasama dengan lebih banyak pusat oleh-oleh. Metode analisis SWOT menghasilkan enam alternatif strategi yang dapat direkomendasikan kepada UMKM Mawar Indah untuk mengembangkan usaha keripik pisangnya. Implementasi hasil dari penelitian ini adalah adanya pengembangan produk baru berupa sale pisang yang terbuat dari pisang kepok (Musa acuminata balbisiana colla).

Referensi

Afridhal, M. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalaga Kabupaten Bireuen. S. Pertanian. 1(3): 223-233.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi. 2019. Luas Panen, Produksi dan Produktivitas Pisang di Banyuwangi. Banyuwangi: Dinas Pertanian Banyuwangi.

Rangkuti, F. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama .

Sakina, S., dan Tangkesalu, D. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang pada Industri "Flamboyan" di Kelurahan Panau Kecamatan Tawaeli Kota Palu. Agrotekbis. 6(3): 371-378.

Wanita, N. 2015. Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Pasar Manonda Palu. Istiqra, 250-27

Diterbitkan

2022-09-05

Cara Mengutip

wahyuni, yuyun. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERIPIK PISANG DI UMKM MAWAR INDAH KECAMATAN KALIPURO KABUPATEN BANYUWANGI. Jurnal Javanica, 1(1), 01-10. https://doi.org/10.57203/javanica.v1i1.2022.01-10

Artikel Serupa

1-10 dari 26

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.