STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LADRANG CAP MAHKOTA UD HADI BAROKAH
DOI:
https://doi.org/10.57203/javanica.v1i1.2022.21-32Keywords:
Ladrang, Strategi Pengembangan Produk, UD Hadi BarokahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal dalam pengembangan produk ladrang cap mahkota di UD Hadi Barokah Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UD Hadi Barokah memiliki empat kekuatan, empat kelemahan, empat peluang, dan tiga ancaman dengan nilai IFE adalah 2,558 dan nilai EFE adalah 2,874. Hasil matriks Internal Eksternal (IE) menunjukkan bahwa produk ladrang berada di posisi kuadran V, kondisi ini tergolong ke dalam Hold and Maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan strategi yang dapat direkomendasikan kepada pemilik UD Hadi Barokah, yaitu memperluas pemasaran dengan mempertahankan produk terjangkau, bergabung dengan asosiasi, memperbaiki kemasan produk, menambah inovasi rasa produk, melakukan promosi melalui media sosial, memaksimalkan modal untuk menghadapi kenaikan harga bahan baku, melakukan kegiatan promosi dengan memberikan diskon dan menjaga kepercayaan konsumen
References
David, F.R. 2016. Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan keunggulan Bersaing Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat.
Gracia, D. K. W. 2015. Strategi Pengembangan Produk Kue Basah pada Usaha Mikro di Kampung Kue Kota Malang. Jurnal Parsimonia. 2(1): 21-33.
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nurcahya, H. dan , Majapahit, S., A. 2018. Kajian Penerapan Teknologi Informasi Pada UMKM Sebagai Upaya Memperluas Pasar Produk Lokal. Konferensi Nasional Sistem Informasi. STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang. Universitas Pasundan: 1365-1369.
Pamungkas, B. P. 2011. Penentuan Biaya Web Development Pada Jogjacamp Berdasarkan Life Cycle Costing. Yogyakarta Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ramdani, H., dan Firman, S. 2014. Analisis Faktor Eksternal dan Internal untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada CV Certowin Multi Trading Indoneia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi. 6(1): 48-55.
Susanthi, P.R., 2017. Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus Stie Galileo Batam). Jurnal Elektronik, 1(1)