STRATEGI PEMASARAN MINUMAN HERBAL BERAS KENCUR INSTAN CAP DJAWAHIR DI CV. JAWAHIR MANDIRI SEJAHTERA KECAMATAN BANYUWANGI

Authors

  • Anggy Nuryantiningrum Agribisnis, Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Shinta Setiadevi Politeknik Negeri Banyuwagi
  • Sari Wiji Utami Politeknik Negeri Banyuwagi

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v3i2.24.66-76

Keywords:

Analisis SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal dari CV. Jawahir Mandiri Sejahtera untuk mengetahui beberapa alternatif strategi yang dapat digunakan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling (secara sengaja) dengan narasumber berjumlah 3 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah matriks Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), matriks External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), matriks IE dan matriks SWOT. Penelitian ini menghasilkan 10 faktor internal meliputi 5 kekuatan dan 5 kelemahan, serta 10 faktor eksternal meliputi 5 peluang dan 5 ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFAS adalah 2,38 dan EFAS adalah 2,36. Total skor dari matriks IFAS dan EFAS yang dimiliki CV. Jawahir mandiri Sejahtera dapat dipetakan dalam matriks IE diperoleh sel V, pada kondisi Growth Strategy dan Stability Strategy. Analisis SWOT dari penelitian ini menghasilkan 10 alternatif strategi yang dapat direkomendasikan kepada CV. Jawahir Mandiri Sejahtera untuk strategi pemasaran produk minuman herbal beras kencur instan.

References

Andini, B. 2021. Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis Swot untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Toko X-Treme Computer [Skripsi]. Tegal: Politeknik Harapan Bersama.

Pasaribu, H. F. 2018. Penerapan Analisis Swot dalam Strategi Pemasaran pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan [skripsi]. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Prawita, R., Swasty, W., dan Aditia, P. 2017. Membangun Identitas Visual untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Sosioteknologi. 16(1): 27–42.

Preetha, T. S., Hemanthakumar, A. S., dan Krishnan, P. N. 2016. A comprehensive review of Kaempferia galanga L. (Zingiberaceae): A high sought medicinal plant in Tropical Asia. Journal of Medicinal Plants Studies. 4(3): 270–276.

Rangkuti, F. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rusdi, M. 2019. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. 6(2): 49–54.

Sugiyono, S. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutaguna, I. N. T., A, C. H. S., Razali, G., & Yusuf, M. 2023. Hanan Catering’s Instagram promotions, pricing, and menu variety influence consumer purchasing decisions in Bandung. International Journal of Economics and Management Reserach Politeknik Pratama Porwokerto. 2(1): 76–87.

Downloads

Published

25-12-2024

How to Cite

Nuryantiningrum, A., Setiadevi, S., & Utami, S. W. (2024). STRATEGI PEMASARAN MINUMAN HERBAL BERAS KENCUR INSTAN CAP DJAWAHIR DI CV. JAWAHIR MANDIRI SEJAHTERA KECAMATAN BANYUWANGI. Jurnal Javanica, 3(2), 66-76. https://doi.org/10.57203/javanica.v3i2.24.66-76

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.