Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Efektivitas Transaksi Dengan DANA Wallet Menggunakan Metode TAM (Technology Acceptance Model)
DOI:
https://doi.org/10.57203/session.v2i1.2023.07-11Kata Kunci:
DANA, Technology Acceptance Model (TAM), Penerimaan PenggunaAbstrak
Abstrak DANA merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi e-wallet yang mendukung transaksi non-tunai. Keberhasilan suatu produk memiliki dampak besar yang ditentukan oleh kemauan pengguna untuk menerima teknologi dengan mempertimbangkan faktor kegunaan dan kemudahan saat menggunakan teknologi tersebut. Dalam penelitian ini penulis menganalisa kepuasaan terhadap efektivitas transaksi dengan Dana wallet menggunakan metode TAM ( Technology Acceptance Model ) untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi DANA. Perhitungan dengan rumus Lemeshow didapatkan sampel sebanyak 96,04 lalu dibulatkan menjadi 100. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji relibilitas, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian uji regresi linear sederhana menunjukan bahwa nilai signifikasi variabel X1 sebesar 0,046 < 0,05 yang artinya variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y, lalu variabel X2 sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya variabel X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Untuk hasil uji regresi linier berganda didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang brarti variabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Aji Giatama, Yusriel Arief Ferdiyanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.