STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE SALE PISANG DI HOME INDUSTRY SARI AGUNG DESA KEDUNGRINGIN KECAMATAN MUNCAR
DOI:
https://doi.org/10.57203/javanica.v2i2.2023.81-95Kata Kunci:
home industry Sari Agung, pemasaran online, QSPM, sale pisang, SWOTAbstrak
redPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal, merumuskan alternatif strategi dan prioritas strategi pengembangan pemasaran online di home industry Sari Agung. Metode pengolahan data dan analisis menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-Eksternal (IE), Matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini terdapat enam faktor internal dan tujuh faktor eksternal yang menghasilkan sembilan strategi alternatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFE 2.641 dan EFE 2.817. Hasil matriks IE menunjukkan home industry Sari Agung berada pada posisi V yaitu menjaga dan mempertahankan. Prioritas strategi yang diperoleh yaitu mengoptimalkan penggunaan media sosial yang sudah ada untuk menghadapi pesaing dengan nilai TAS sebesar 7.534.
Kata kunci : home industry Sari Agung,pemasaran online, QSPM, sale pisang, SWOT.
Referensi
Atmoko, T. P. H. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation. 1(2): 83-96.
Christy, P. 2015. Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) Pada Impulsive Buying (Doctoral Dissertation, UAJY).
David, F. R. 2016. Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi Lima Belas. Jakarta: Selemba Empat.
Firmansyah, A. 2017. Kajian Kendala Implementasi E-Commerce Di Indonesia. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 8(2): 127-136.
Hanifawati, T., Ritonga, U. S., & Puspitasari, E. E. 2019. Popularitas Merek di Sosial Media: Analisis Pengaruh Waktu, Konten, dan Interaksi Merek. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen. 9(1): 9-26.
Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan E-commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. 2(6): 95–112.
Pitriani, R., Rochdiani, D., & Noormansyah, Z. 2018. Analisis Titik Impas Agroindustri Sale Pisang Goreng (Studi Kasus pada Agroindustri Rizki Mulya di Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh. 4(2): 752-759.
Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. 2019. Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan Dan Minuman Di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah). 2(1): 188-198.
Sadimantara, G. R., & Leomo, S. 2020. Peningkatan Kapasitas Usaha Pada PKM Usaha Olahan Pisang di Kabupaten Bombana. Jurnal Siar Ilmuwan Tani. 1(1): 22-27.
Sugiarti, Y. 2014. Perancangan Sistem Informasi Agribisnis e-Commerce Buah Pisang. Agribusiness Journal. 8(1): 71-82.
Sugiyono, S. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D.Bandung: Alfabeta
Thomkaew, J., Homhual, P., Chairat, S., & Khumhaeng, S. 2018. Social Media With E-Marketing Channels Of New Entrepreneurs. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2016, No. 1, p. 020147). AIP Publishing LLC.
Thomkaew, J., Homhual, P., Chairat, S., & Khumhaeng, S. 2018. Social Media With E-Marketing Channels Of New Entrepreneurs. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2016, No. 1, p. 020147). AIP Publishing LLC.
Vania, I., & Simbolon, R. 2021. Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal Ekonomis. 14(2b).
Yustiani, R., & Yunanto, R. 2017. Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika. 6(2): 43-48.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lutfi Prahesti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.