PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Study Kasus Coffee Shop Kopi Pelarian)

Authors

  • Sari Hidayatul Kholifah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Nanda Rusti
  • Kurniawan M. Nur

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v2i2.2023.114-124

Keywords:

kualitas pelayanan, lokasi, harga, kepuasan konsumen

Abstract

Di era moderenisasi saat ini, masyarakat dituntut untuk mengikuti setiap perubahan yang ada, tidak terkecuali pada perubahan gaya hidup seseorang saat ini, contohnya mengonsumsi minuman kopi. Meningkatnya mengonsumsi kopi di Indonesia, berbanding lurus dengan banyak bermunculnya gerai kopi atau coffee shop.  Kualitas pelayanan, lokasi dan harga merupakan faktor penentu terhadap pengaruh kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan harga, baik secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen Coffee Shop Kopi Pelarian. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan pengambilan sampel sebanyak 80 responden dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian uji secara parsial diperoleh kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan lokasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen.  Hasil uji T (parsial) menunjukkan bahwa nilai variabel Kualitas Pelayanan thitung 3,151 > ttabel 1,990, variabel lokasi nilai thitung 1,953 <  ttabel 1,990, dan variabel harga nilai nilai thitung  4,699 >  ttabel 1,990.  Serta uji secara simultan diperoleh kualitas pelayanan, lokasi, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen di coffee shop Kopi Pelarian.

References

Firdiyansyah, I. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektronik REKAMAN. Vol 1 (1) : 2598-8107.

Ghozali, I.2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Cetakan Keempat: Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9, Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Jaya,W., Arifin,R., Slamet,R.A. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Dan LokasiTerhadap Kepuasan Konsumen(Studi Kasus Pada Konsumen Kafe Family Kopi Di Malang).E–Jurnal Riset Manajemen.

Kholik, N.S. 2018. Kajian Gaya Hidup Kaum Muda Penggemar CoffeeShop (Studi Kasus pada Coffee shop “Starbucks” di Mall Botani Square Bogor). Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (UIN) : Jakata.

Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran, Edis keduabelas, Jilid I. Penerjemah Sabran, B. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 12. Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, R. dan Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Maharani, R,A,N., Alam, I.A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahudin. Sibatik Jurnal. Vol 1 (4).

Rusti,N., Irham., Suryantini,A. 2021. The Factors Influencing Local Coffee Shop Customers’ Satisfaction inthe 4.0 Industry Era. Agro Ekonom. Vol 32. Issue 1.

Sembor, A., et al. 2016. Pengaruh Strategi Harga, Tempat dan Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Sentralindo Valutama. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 16, No. 1.

Situmeang, L.S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (UINSU) : Sumatera.

Sofyan,C., Sepang,J.L., Loindong,S. 2019. Pengaruh KualitasPelayanan, Harga Dan Lokasi TerhadapKepuasan Konsumen Pada Wht’s Up Café Manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No.3 (4230-4240)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tandra, M.M., Lumanauw,B., Rogi,M.H. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Era New Normal pada Starbucks Manado Town Square. Jurnal EMBA. Vol.9 No.4 (1476-1484).

Tjiptono, F. 2008. Strategi pemasaran. Edisi ketiga. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta. dan G. Chandra. 2007. Serive,Quality & Satisfaction. Edisi kedua. Penerbit Andy Offset : Yogyakarta.

Wariki,G.M., Mananeke,L., Tawas,H. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA. Vol.3 No.2 (1073-1085).

Yulisetiarini, D. 2013. The Role Of Service, Price, Promotion, Place, And Comfort On Customer Statisfaction And Switching Intention In Minimarket At Jember Regency. International Research Journal Of Finaance And Econimic Issue, 144:24-32.

Downloads

Published

29-12-2023

How to Cite

Kholifah, S. H., Rusti, N. ., & Nur, K. M. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Study Kasus Coffee Shop Kopi Pelarian). Jurnal Javanica, 2(2), 114-124. https://doi.org/10.57203/javanica.v2i2.2023.114-124

Similar Articles

1-10 of 13

You may also start an advanced similarity search for this article.