STRATEGI BRANDING PRODUK KERIPIK TEMPE DENGAN FORTIFIKASI EKSTRAK DAUN KELOR DI HOME INDUSTRI UD HASIL ALAM

Penulis

  • Rio Teguh Pribadi Agribisnis
  • Ardito Atmaka Aji
  • Nurul Alfiyah

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v2i1.2023.44-50

Kata Kunci:

Strategi Branding, Keripik Tempe, SWOT, Bauran Pemasaran

Abstrak

Strategi branding merupakan langkah yang dilakukan suatu merek untuk mencapai tujuan membangun citra merek (brand image) karena setiap perusahaan memiliki ciri khas yang tersendiri yang membuat dikenal oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk “Strategi Branding Produk Keripik Tempe Dengan Fortifikasi Ekstrak Daun Kelor  Di Home Industri UD Hasil Alam”. Produk ini merupakan produk baru sehingga perlu dilakukan strategi branding untuk lebih mengenalkan produk di masyarakat. Strategi branding yang dilakukan nantinya akan memenuhi unsur-unsur bauran pemasaran yaitu 9P meliputi Product, People, Price, Place, dan Promotion. Process, physical evidence, payment, packaging. Penelitian ini menggunakan analisis matriks IFE (Internal Factors Evaluation) , matriks EFE (Internal Factors Evaluation), matriks IE (Internal External) dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Hasil Alam memiliki tiga faktor kekuatan, tiga faktor kelemahan, tiga faktor peluang dan tiga faktor ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IFE adalah 2,808 dan EFE adalah 2,640. Hasil matriks Internal External (IE) menunjukkan UD Hasil Alam berada pada posisi V, kondisi ini tergolong ke dalam Growth Strategy dan Stability Strategy.

Referensi

David, F. (2016). Manajemen Strategik. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Krisnadi, A.D. 2015. Kelor Super Nutrisi. Lembaga Swadaya Masyarakat – Media Peduli Lingkungan (LSM-MEPELING).

NINGRUM, Dyaloka Puspita. Bauran Pemasaran pada Bisnis Chockles Es Cokelat Di Kota Yogyakarta. Jurnal PIKMA: Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2020, 3.1: 1-13.

Rosilawati, Y. (2014). Employee branding sebagai strategi komunikasi organisasi untuk mengkomunikasikan citra merek (Brand-Image). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 153-161

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-06-10

Cara Mengutip

Pribadi, R. T., Aji, A. A. ., & Alfiyah, N. . (2023). STRATEGI BRANDING PRODUK KERIPIK TEMPE DENGAN FORTIFIKASI EKSTRAK DAUN KELOR DI HOME INDUSTRI UD HASIL ALAM. Jurnal Javanica, 2(1), 44-50. https://doi.org/10.57203/javanica.v2i1.2023.44-50

Artikel Serupa

1-10 dari 12

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.