Strategi Pemasaran Manisan Kering Buah Pala Barokah Di Era VUCA Pada Home Industry Rizkia Desa Pesucen Kecamatan Kalipuro

Penulis

  • Siti Rofiah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Ardito Atmaka Aji Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sandryas Alief Kurniasanti Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v3i1.2024.14-24

Kata Kunci:

Home industry Rizkia, Manisan Kering buah, Analisis era VUCA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pemasaran serta merekomendasikan alternatif strategi pemasaran manisan kering buah pala barokah di Home Industry Rizkia Desa Pesucen Kecamatan Kalipuro dalam era VUCA. Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, literature, dan dokumentasi. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan volatilitas yaitu harga bahan baku di pasaran mengalami fluktuasi. Tantangan dalam ketidakpastian yang dialami perusahaan yaitu ketersediaan bahan baku buah pala yang sulit diprediksi karena merupakan buah musiman. Pada kompleksitas yang ada pada perusahaan yaitu belum ada SDM di bidang pemasaran yang kompeten. Terakhir pada ambiguitas adanya konsumen yang menginginkan perusahaan melakukan eksperimen produk baru. Terdapat empat alternatif strategi pemasaran yang tepat dapat membantu pemasaran pada produk manisan kering buah pala barokah di Home Industry Rizkia yaitu kelincahan, informasi, kejelasan dan percobaan.

Referensi

Amalia, N. Z. 2016. Mengelola Risiko dalam Sumber Daya Manusia dalam Situasi VUCA. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.1(1): 1–23.

Anggrahini, T. 2021. Tantangan, Peluang, dan Strategi Bisnis dalam Menghadapi Globalisasi Melalui Budaya Organisasi dan Optimalnya SDM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 6(11): 1–11.

Bennett, N. and Lemoine, G.J. 2014. What a difference a word makes: Understanding threats to performance in a VUCA world. Business Horizons. 11(26): 1-7.

Febrianty, Abdurohim, Siahaya, V. T. C., Taufiqurrahman, Arsawan, I. W. E., Albertina, E., Kennedy, P. S. J., dan Dewi, N. P. C. P. 2020. New Normal Era Edisi II. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Hiakbar, A., Hardilawati, W. L., dan Sulistyandari. 2023. Analisis Pengaruh VUCA Environment Terhadap Kinerja Bisnis Angkringan di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA. 2(1): 78–90.

Odillia, L., dan Arrizqi, M. F. 2022. Digital Sulution Sebagai Strategi dalam Menghadapi Permasalahan Pemasaran Produk UMKM di Era Vuca pada Kelompok PKK Desa Sidorejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita. 2(1): 6–12.

Satriana, E. D., Tety, E., dan Rifai, A. 2014. Faktor-Faktor Mempengaruhi Konsumsi Gula Pasir di Indonesia. Jurnal Agritech. 1(1): 1–15.

Sugiyono, S. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U., Djunaidi, A., Aviliani., Sigih, R., Sayono, J, A., Budidarmo, R., dan Rambe, S. 2009. Pemasaran Strategik. Jakarta Timur: Inti Pratama Promosindo.

Diterbitkan

2024-06-20

Cara Mengutip

Rofiah, S., Aji, A. A., & Kurniasanti, S. A. (2024). Strategi Pemasaran Manisan Kering Buah Pala Barokah Di Era VUCA Pada Home Industry Rizkia Desa Pesucen Kecamatan Kalipuro . Jurnal Javanica, 3(1), 14-24. https://doi.org/10.57203/javanica.v3i1.2024.14-24

Artikel Serupa

1-10 dari 33

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.