Analisis Keputusan Pemilihan Media Sosial Dalam Membangun Personal branding Generasi Z Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process
DOI:
https://doi.org/10.57203/session.v3i02.2025.53-58Kata Kunci:
SPK, Media, Sosial, Personal, Branding, AHPAbstrak
Generasi Z adalah generasi yang paling aktif menggunakan media sosial. Pemilihan platform media sosial menjadi penting dalam strategi dalam membangun personal branding. Namun dengan banyaknya jenis media sosial yang ada saat ini, memberikan tantangan sendiri kepada individu dalam membangun personal branding. Dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif untuk mengukur dan menganalisis data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada Generasi Z dan menggunakan metode analisis Analytical Hierarchy Process, meliputi : (1) identifikasi dan menetapkan kriteria yang relevan untuk memilih media sosial (2) menyusun matriks perbandingan berpasangan bedasarkan nilai kepentingan yang diberikan oleh responden (3) perhitungan bobot kriteria yang berasal dari hasil perbandingan dan (4) melakukan perankingan kriteria dan alternatif yang menjadi prioritas dalam pemilihan media sosial. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria privasi dan keamanan menjadi kriteria prioritas dan Instagram menjadi alternatif pilihan generasi Z dalam membangun personal branding. Sistem pendukung keputusan dalam penelitian ini memberikan gambaran awal mengenai sistem rancangan dalam hasil penelitian dalam memilih media sosial dalam membangun personal branding. Hasil dari penelitian ini dapat membantu Generasi Z dalam memilih platform media sosial yang tepat dalam membangun personal branding
Referensi
[1] APJII, “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” APJII. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita. Accessed: Jun. 14, 2024.
[2]S. Christanista and S. Surakarta, “Analisa Faktor-Faktor dalam Membangun Personal Branding Seorang Influencer,” eJournal STEMI, 2021. [Online]. Available: http://ejournal.stemi.ac.id/index.php/ekobis.
[3] D. Rachmawati, “Pandangan Generasi Z Mengenai Personal Branding Online Fresh Graduates dalam Mencari Pekerjaan,” *Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi*, vol. 21, no. 2, pp. 137–149, Jun. 2022. doi: 10.32509/vacana.v21i1.1916.
[4] A. Rifky, S. Maul, D. Kurnia, and S. Putra, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Personal Branding Joko Widodo pada Pemilih Pemula Pemilu 2019,” 2022.
[5] A. Nur and R. Oktivosa, “Penggunaan LinkedIn untuk Personal Branding Karyawan,” vol. 2, no. 5, 2022.
[6] D. R. Prehantyo, *Buku Ajar Model Sistem Pendukung Keputusan: Dengan AHP dan IPMS*. SCOPINDO, 2022. [Online]. Available: https://webadmin.
[7] https://perpusnas.go.id/ipunas/publications/books/170748
[8] L. Ibnu Husin and Muhammad Amin, *Sistem Pendukung Keputusan*. Deepublish, 2022. Accessed: Jun. 14, 2024. [Online]. Available: https://webadmin-ipunas.perpusnas.go.id/ipunas/publications/books/194297.
[9] T. Hamady, “Alat Pengambilan Keputusan Dengan Software Expert Choice.”
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Annisa Aulia, Muhammad Muharrom

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.