Strategi Pengembangan Keripik Tempe di Home Industry Putri Tunggal Kecamatan Singojuruh
DOI:
https://doi.org/10.57203/javanica.v4i2.2025.77-86Kata Kunci:
Analisis SWOT, Keripik Tempe, Strategi Pengembangan ProdukAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan, serta mengetahui alternatif strategi untuk mengembangkan produk keripik tempe home industry Putri Tunggal. Analisis yang digunakan adalah matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), dan Matriks SWOT. Hasil matriks IE menunjukkan bahwa home industry Putri Tunggal berada pada kuadran V dan tergolong pada kondisi hold and maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan alternatif strategi yaitu, memanfaatkan sertifikasi Halal untuk mengikuti program pemerintah, memanfaatkan harga produk yang kompetitif untuk bekerja sama dengan pusat oleh-oleh, pengadaan mesin penunjang produksi yang dapat memperbaiki mutu produk, pengembangan jenis kemasan yang menarik dan dapat melindungi produk, menjaga cita rasa dan kualitas produk, penambahan lampu pada rak penyimpanan tempe untuk menjaga kelembaban udara, mengembangkan varian rasa baru untuk meningkatkan minat konsumen, meningkatkan kerja sama dengan pemasok bahan baku. Hasil penerapan penelitian ini yaitu memperbarui desain kemasan dan membuat inovasi rasa produk keripik tempe home industry Putri Tunggal.
Referensi
Aisyah, S. 2022. Pengaruh Label Halal dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Roti pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
David, F. R. (2019). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Fikri, G. A., Marlena, E., Fitriani, P., Aliyudin, A., dan Veranita, M. 2024. Strategi Manajemen : Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal. Jurnal Manajemen Jasa. 6(1): 1-12.
Ikhsanu, A. P., Manafe, L. A., dan Masyhuri, M. A. 2023. Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi. 9(2): 3435-3444.
Imaniar, D., dan Wahyudiono, A. 2019. Strategi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Melalui UMKM. Jurnal Reformasi. 9(2): 90-95.
Lestari, D., dan Vikaliana, R. 2021. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Penurunan Pengiriman Barang Kargo di PT. Lintas Maju Nusantara. Jurnal Sains Sosio Humaniora. 5(2): 813-822.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novita Risti Rahmayanti, Sari Wiji Utami, Halil Halil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


