Strategi Pengembangan Keripik Tempe di Home Industry Putri Tunggal Kecamatan Singojuruh

Authors

  • Novita Risti Rahmayanti Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Sari Wiji Utami Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Halil Halil Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v4i2.2025.77-86

Keywords:

Analisis SWOT, Keripik Tempe, Strategi Pengembangan Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal  perusahaan,  serta  mengetahui  alternatif  strategi  untuk mengembangkan produk keripik tempe home industry Putri Tunggal. Analisis yang digunakan adalah matriks Internal Factor Evaluation (IFE), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal-External (IE), dan Matriks SWOT. Hasil matriks IE menunjukkan bahwa home industry Putri Tunggal berada pada kuadran V dan tergolong pada kondisi hold and maintain. Hasil analisis matriks SWOT terdapat delapan alternatif strategi yaitu, memanfaatkan sertifikasi Halal untuk mengikuti program pemerintah, memanfaatkan harga produk yang kompetitif untuk bekerja sama dengan pusat oleh-oleh, pengadaan mesin penunjang produksi yang dapat memperbaiki mutu produk, pengembangan jenis  kemasan  yang  menarik  dan  dapat  melindungi  produk, menjaga cita rasa dan kualitas produk, penambahan lampu pada rak penyimpanan tempe untuk menjaga kelembaban udara, mengembangkan varian rasa baru untuk meningkatkan minat konsumen, meningkatkan kerja sama dengan pemasok bahan baku. Hasil penerapan penelitian ini yaitu memperbarui desain kemasan dan membuat inovasi rasa produk keripik tempe home industry Putri Tunggal.

References

Aisyah, S. 2022. Pengaruh Label Halal dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Produk Roti pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

David, F. R. (2019). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.

Fikri, G. A., Marlena, E., Fitriani, P., Aliyudin, A., dan Veranita, M. 2024. Strategi Manajemen : Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal. Jurnal Manajemen Jasa. 6(1): 1-12.

Ikhsanu, A. P., Manafe, L. A., dan Masyhuri, M. A. 2023. Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi. 9(2): 3435-3444.

Imaniar, D., dan Wahyudiono, A. 2019. Strategi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Melalui UMKM. Jurnal Reformasi. 9(2): 90-95.

Lestari, D., dan Vikaliana, R. 2021. Analisis Faktor Internal dan Eksternal Perusahaan terhadap Penurunan Pengiriman Barang Kargo di PT. Lintas Maju Nusantara. Jurnal Sains Sosio Humaniora. 5(2): 813-822.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

18-12-2025

How to Cite

Rahmayanti, N. R., Utami, S. W., & Halil, H. (2025). Strategi Pengembangan Keripik Tempe di Home Industry Putri Tunggal Kecamatan Singojuruh. Jurnal Javanica, 4(2), 77-86. https://doi.org/10.57203/javanica.v4i2.2025.77-86

Similar Articles

11-20 of 35

You may also start an advanced similarity search for this article.