Analisa Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi CapCut dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
DOI:
https://doi.org/10.57203/session.v3i1.2024.26-32Keywords:
Kepuasan Pengguna, Metode EUCS, SPSS, CapCutAbstract
Dalam perkembangan teknologi dan internet yang semakin cepat memberikan adanya akses ruang publik digital mendorong banyak orang menciptakan beragam macam konten menarik sesuai kebutuhannya. Untuk menunjang produksi konten yang menarik dan berkualitas tinggi dibutuhkan pemanfaatan teknologi seperti aplikasi video editor CapCut. Aplikasi ini hadir sebagai bentuk kemudahan dalam menciptakan sebuah konten yang menarik dilengkapi dengan fitur berbasis AI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepuasan pengguna terhadap penggunaan aplikasi CapCut berdasarkan model penelitian end user computing satisfaction (eucs) dengan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diambil berdasarkan kriteria tertentu dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda dan pada uji data statistik menggunakan tools SPSS versi 26. Kesimpulan dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari variabel content, accuracy, ease of use tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir sedangkan variabel format dan timeliness memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir dan pada penelitian ini kelima variabel EUCS memiliki persentase sumbangan pengaruh sebesar 58,3% terhadap kepuasan pengguna akhir aplikasi CapCut.
References
[1] Y. Agnes Z, “10 Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Indonesia 2023, TikTok Rajanya,” GoodStats, 2024. [Online]. Available: https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/10-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-di-indonesia-2023-tiktok-rajanya-QU1Iw.
[2] A. Freer, “CapCut video app sees $100 million milestone in consumer spend,” Business of Apps, 2023. [Online]. Available: https://www.businessofapps.com/news/capcut-video-app-sees-100-million-milestone-in-consumer-spend/.
[3] “CapCut Official Website,” 2020. [Online]. Available: https://www.capcut.com/id-id/tools/online-video-editor.
[4] H. Setiawan, D. Novita, P. Studi, S. Informasi, U. Multi, and D. Palembang, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking,” vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021.
[5] A. A. Perdana, M. C. Utami, and Q. Aini, “End User Computing Satisfaction : Model Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling ( Studi Kasus ) Analysis Of Auto2000 Mobile User Satisfaction Using End User,” vol. 8, no. 6, 2021.
[6] W. J. Doll, W. Xia, and G. Torkzadeh, “A Confirmatory Factor Analysis of the End-User Computing Satisfaction Instrument,” MIS Q., vol. 18, no. 4, p. 453, Dec. 1994.
[7] V. Herlina, Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS, Edisi 1. Jakarta: Kompas Gramedia, 2019.
[8] Ce Gunawan, Mahir Menguasai SPSS, Edisi Pert. Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2018.
[9] Jubilee Enterprise, SPSS Komplet untuk Mahasiswa. Jakarta: Kompas Gramedia, 2018.
[10] M. M. Bode et al., “Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Subsektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2017-2020 The Effect Of Capital Structure , Liquidity , And Profitability On Company Value In Automotive Subsector Companies Listed On The Indonesia Stock EXCHANGE ,” vol. 10, no. 2, pp. 337–345, 2020.
[11] G. Pratiwi and T. Lubis, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan UD Adli di Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan,” All Fields Sci. J. Liaison Acad. Sosiety, vol. 1, no. 3, pp. 27–41, 2021.
[12] A. & S. Chandra Putri, “Kemampuan Kualitas Audit Memoderasi Pengaruh Fraud Hexagon Terhadap Fraudulent Financial Statements,” vol. 10, no. 2, pp. 732–757, 2023.
[13] F. N. Ramadhayanti, Mulyadi, and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” J. Ilm. Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 143–151, 2023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggita Sari Devi, Muhammad Muharrom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright :
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following conditions.
- The copyright on each article belongs to the author(s).
- The author acknowledges that Jurnal SESSION: Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering has the right to be the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Authors can submit articles separately, arrange for the nonexclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in the Jurnal SESSION: Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering.
License:
Jurnal SESSION: Software Development, Digital Business Intelligence, and Computer Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as the author credits the original work.