PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KOPI DI UD COFFEE WANGI
DOI:
https://doi.org/10.57203/javanica.v1i1.2022.33-42Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen, UD.Coffee WangiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen UD Coffee Wangi sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling, sedangkan pemilihan lokasi yang dilakukan secara sengaja. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel independen yaitu kualitas produk dan harga terhadap variabel dependen yaitu loyalitas konsumen. Semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap variabel dependen. Variabel harga merupakan variabel dominan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di UD Coffee Wangi. Pada uji koefisien determinasi R2 terdapat pengaruh sebesar dari variabel independen (kualitas produk dan harga) sebesar 67% terhadap variabel dependen (loyalitas konsumen). Sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini diantaranya promosi, lokasi, kualitas pelayanan, dan lain sebagainya.
References
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P.1996. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Saladin, D. 2003. Intisari Pemasaran. Bandung: Penerbit Linda Karya.
Sutisna, S. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Penerbit Bayumedia Publishing.
Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.