ANALISIS BREAK EVEN POINT TERHADAP PENJUALAN DESSERTKURBG DI KALANGAN ANAK REMAJA

Authors

  • Gita Rachmawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
  • Reikha Amsaina Safitri
  • Isnaini Nurul Hidayati
  • Riska Ira Kusuma Hamid
  • Rizka Tsalista
  • Nuqthy Faiziyah

DOI:

https://doi.org/10.57203/javanica.v1i2.2022.1-9

Keywords:

Break Even Point, Dessert, Profit, Businessman

Abstract

Keuntungan yang maksimum merupakan suatu tujuan perusahaan agar dapat tetap melangsungkan kebutuhan hidup dari waktu ke waktu, manajemen dapat dikatakan baik dan efisien apabila manajemen tersebut dapat mengelola serta dapat mengambil keputusan yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup perusahaan agar dapat mencapai tujuan. Analisi Break Even Point (BEP) merupakan suatu pendekatan yang digunakan manajemen dalam perencanaan laba atau keuntungan. Dessertkurbg, salah satu usaha kecil dalam bidang kuliner memiliki berbagai varian seperti oreo, greentea dan beng - beng oleh karena itu diperlukan analisis Break Event Point (BEP) untuk mengetahui seberapa lama modal pengusaha tersebut kembali serta dapat menentukan apakah penjualan tersebut menghasilkan keuntungan atau kerugian. Penelitian ini agar dapat mengetahui besarnya penerimaan dari produksi suatu usaha guna mencapai hasil Break Even Point (BEP). Keuntungan tersebut seringkali digunakan sebagai tolak ukur suksesnya suatu pengusaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa keuntungan atau laba penjualan Dessert Box Varian Oreo sebesar Rp20.640,00  dengan Break Event Point (BEP) penjualan sebanyak 267 unit, selama penjualan tahun 2021. Untuk penjualan Dessert Box Varian Greentea dalam periode 2021 diperoleh keuntungan sebesar Rp40.176,00 dengan Break Even Point (BEP) penjualan sebanyak 219 unit.

References

Andi Wijaya dkk. (2014). Matematika Ekonomi 1. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Andrianto dkk. (2016). Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Alat Perencana Laba

(Studi Pada CV. Langgeng Makmur Bersama Lumajang Periode 2012-2014).

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Diva Angelia. (t.t.). Culinary Business in Indonesia in a Statistical Frame.

Hamidah, Q. R., Tri, A., Sejati, P., & Mujahidah, A. Z. (2019). The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Technology to Deal with The Industrial Revolution 4.0 (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Jogiyanto. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Josep B Kalangi. (2011). Matematika Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal Administrasi Bisnis. Diakses 04 Desember 2022, dari http://administrasibisnis.

studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/announcement/view/2.

Khishaaluhussaniyyati, M., Cahyaningtyas, P., Nugrahani, R. P., Muhammad, W. N., Antoko, A., Wibowo, E., & Faiziyah, N. (n.d.). BREAK EVEN POINT ANALYSIS OF CHICKEN HENS IN SMK N 1 TULUNG KLATEN.

Maruta, h. (2018). Analisis break event point (bep) sebagai dasar perencanaan laba bagi manajemen. Jas (jurnal akuntansi syariah), 2(1), 9-28.

Noviani, R., & Santoso, A. (2021). Analisi Break Even Point dan SWOT Pada Usaha Wedang Warok (Vol. 5, Issue 1). http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/isoqua nt.

Rahma Kusuma, A., Tasya Aulia, F., Gusnadi, D., & Ratna Mulyati Karsiwi, R. (t.t.). INOVASI PRODUK KUE WORTEL BERBASIS TEPUNG ALMOND.

Resseffendi. (2010). Janosik Steve M 2005 Vol 42 Issue 4 Pages 1. NASPA Journal, 33, 26-36.

Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suprian Atmaja S. (2002). Matematika Ekonomi 1. Bandung: Ghalia Indonesia.

Tata Sutabri. (2013). Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Warta Perundang-Undangan No.1449/TH.XVIII JULI 1995. Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1995.

Downloads

Published

02-02-2023

How to Cite

Rachmawati, G., Safitri, R. A., Hidayati, I. N. ., Hamid, R. I. K. ., Tsalista, R., & Faiziyah, N. . (2023). ANALISIS BREAK EVEN POINT TERHADAP PENJUALAN DESSERTKURBG DI KALANGAN ANAK REMAJA. Jurnal Javanica, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.57203/javanica.v1i2.2022.1-9