ANALYSIS OF SUPPLY AND DEMAND OF TOURISM PRODUCTS IN SANUR BEACH BALI

Penulis

  • Ridla Universitas Udayana
  • Michael Udayana University

DOI:

https://doi.org/10.57203/ijent.v1i2.2024.63-75

Kata Kunci:

Components Of Tourism Products, Supply Tourism Products, Demand Tourism Products, Sanur Beach

Abstrak

Penawaran dan permintaan merupakan aspek vital dalam pengembangan sektor pariwisata. Pertimbangan yang komprehensif akan sangat menentukan arah pengembangan sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen produk pariwisata, supply dan demand pariwisata di Pantai Sanur. Penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian mendalam melibatkan informan seperti pengelola pariwisata, wisatawan, dan praktisi pariwisata lainnya di Pantai Sanur. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa penyediaan komponen produk pariwisata, supply, dan demand dikategorikan baik. Namun, perlu untuk mempertahankan dan meningkatkan perkembangan mereka di masa depan. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengembangan penawaran dan permintaan dalam rangka meningkatkan kualitas produk pariwisata. Penelitian ini berkontribusi pada wacana pengembangan atraksi wisata Pantai Sanur.

Referensi

Anonim. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009. Tentang Kepariwisataan.

BPS. (2021). Denpasar Selatan Dalam Angka. Denpasar: Badan Pusat Statistik Kota Denpasar.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Cooper, C. (1999). Tourism: Principles & Practise. New Jersey: Longman.

Darmana, K., & Suarsana, I. N. (2016). Optimalisasi Potensi Kawasan Pantai Sanur Memasuki Pasar Bebas Global Asean Economic Community (MEA). Denpasar: Universitas Udaya.

Gilarso, T. (2003). Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Yogyakarta: Kanisius.

Gunn, C. A. (2000). Tourism Planning. New York: Tylor & Francis.

Gutama, I. G., & Sunarta, I. N. (2011). Evaluasi Perkembangan Wisata Bahari di Pantai Sanur. Denpasar: Prog. Pascasarjana, Universitas Udayana.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. London : Pearson Education Limited.

Paturusi, S. A. (2008). Perencanaan Kawasan Pariwisat. Denpasar: Universitas Udayana.

Pitana, I. G. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi & L.

Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1-8.

Salma, I. A., & Susilowati, I. (2004). ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA ALAM CURUG SEWU, KABUPATEN KENDAL DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 1(2), 153-165.

Sinclair, M. T., & Stabler, M. (1997). Economics of Tourism. London: Routledge.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardika, K. (2004). Menata Bali Kedepan : Kebijakan Kultural, Pendidikan & Agama. Denpasar: Bali Media Adhikarsa.

Sukirno, S. (2005). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Wahab, S., Crampon, L. J., Gromang, F., & Rothfield, L. M. (1992). Industri Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Waruwu, R. S. (2022). ANALISIS DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN (STUDI KASUS KAWASAN PANTAI SANUR). Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis, 01(09), 2395-2405. doi:10.22334/paris.v1i9

Yoeti, O. A. (2002). Perencanaan dan pengembangan pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

ANALYSIS OF SUPPLY AND DEMAND OF TOURISM PRODUCTS IN SANUR BEACH BALI. (2024). International Journal of Entrepreneurship and Tourism, 1(2), 63-75. https://doi.org/10.57203/ijent.v1i2.2024.63-75

Artikel Serupa

1-10 dari 13

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.