PERANCANGAN KONSTRUKSI KAPAL WISATA 1 GT BERBAHAN DASAR FIBERGLASS

Authors

  • Taufik Slamet Efendy
  • Albert Gabriel Surbakti Politeknik Negeri Banyuwangi

Keywords:

Konstruksi Kapal, Kapal Fiberglass, Metode Elemen Hingga

Abstract

Kapal-kapal, yang lebih kecil ukurannya dibandingkan kapal laut, memiliki berbagai tujuan seperti transportasi, rekreasi, operasi penyelamatan, dan penangkapan ikan. Di Indonesia, salah satu jenis yang sering terlihat adalah kapal wisata, digunakan untuk berkeliling di laut, sungai, dan danau. Kapal-kapal ini umumnya dibangun menggunakan fiberglass karena sifatnya yang ringan, tahan cuaca, mudah dirawat, dan waktu produksi yang singkat. Integritas struktural sangat penting dalam konstruksi kapal untuk memastikan keselamatan penumpang dan menahan gaya lingkungan seperti gelombang. Perhitungan kekuatan struktural sangat penting dalam konstruksi kapal, seringkali menggunakan metode elemen hingga. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kekuatan struktural kapal, karena kapal kecil yang ada saat ini seringkali kurang memiliki konstruksi yang memadai. Studi ini mengungkapkan bahwa buritan adalah bagian terkuat dengan jarak gading 0,35 meter, begitu juga haluan dengan jarak yang sama. Disimpulkan bahwa jarak gading yang lebih pendek menghasilkan konstruksi yang lebih kuat namun memerlukan lebih banyak bahan untuk pembuatannya.

References

W. Chasanah, U., & Sulistyowati. (2017). Penerapan Manajemen Konstruksi Dalam Pelaksanaan Konstruksi. Neo Teknika, 35-39.

Darma, Y. Y. E. (2023). Penentuan Dimensi Utama Kapal Penangkap Ikan Dengan Metode Optimisasi Perbandingan Rasio Parameter Kapal Berdasarkan Kurva Hidrostatik. Jurnal Inovasi Teknologi Manufaktur, Energi dan Otomotif, 1(2), 116-128.

Hidayat, A., Inprasetyobudi, H., & Darma, Y. Y. E. (2021). Design and Modeling of Catamaran Flat Plate Ship with Bottom Glass Concept to Improve Tourism Underwater in Bangsring Banyuwangi. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 18(3), 140-150.

Surbakti, A. G., Kamil, A. S., Ginting, I. B. B., & Darma, Y. Y. E. (2023). Concept Design Kapal Penumpang Guna Mengurangi Angka Kecelakaan Kapal Di Danau Toba. Jurnal Teknologi Maritim, 6(2), 28-33.

Jonathan Whiteley. (2017). Finite Element Methods, a Practical Guide. Springer: Switzerland.

Darma, Y. Y. E., Inprasetyobudi, H., Utomo, R. E. P., Wibowo, G. H., Hidayat, A., & Saragih, A. D. (2023). Motions Analysis Investigation of a 12 Meter Catamaran Tourism Boat on Passenger Comfort Criteria Case Study" MV Garuda Ngelayang". International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, 8(2).

Myseatime. (2016, oktober). Retrieved from 10 Simple Terms to Understand Ship Construction Better [Online]: https://www.myseatime.com/blog/detail/10-simple- terms-to-understand-ship-construction-better

Pratama, H. M. (2020). Analisis Kekuatan Konstruksi Car Deck Kapal Penyeberangan 1000 GT Akibat Perubahan Muatan Dengan Metode Elemen Hingga. Teknik Perkapalan, 426-434.

Priangoro, ridho. (2018). Analisis permodelan struktur konstruksi kapal ikan bambu laminasi kapasitas 20 GT. Jurnal Teknik ITS, 76-80

Rachman, A., Totok, Y., dan Dony, S. (2018). Perancangan Aplikasi Perhitungan dan Optimasi konstruksi Profil pada Midship Kapal Berdasarkan Rule Biro Klasifikasi Indonesia. Jurnal Teknik ITS. Vol.7, No.1. G12-G18.

Downloads

Published

01-04-2024