Penguatan Karakter Pemuda di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul melalui Pelatihan Baca Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.57203/abdiwangi.v2i1.2024.23-35Kata Kunci:
Penguatan Karakter, Remaja, Seni Baca Al-Qur’anAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat menjadi salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen, tidak terkecuali di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan aktivitas dosen yang dilaksanakan di luar kampus dengan berkolaborasi bersama masyarakat atau dunia kerja dalam rangka memaksimalkan potensi dosen yang bersangkutan sekaligus penyelesaian permasalahan atau pengoptimalan potensi yang ada di masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat yang diajukan ini menggunakan skim Mbangun Desa, yang menyasar pada pengembangan sumber daya manusia yang secara spesifik dalam rangka menguatkan karakter remaja. Pengabdian masyarakat ini mengambil judul Penguatan Karakter Remaja di Desa Pacarejo, Kec. Semanu Kab Gunung Kidul. Setelah terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para remaja di desa Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul ini dapat memiliki kemampuan baca al-Qur’an yang lebih baik lagi dan karakter yang kuat yang dimiliki para remaja.
Kata Kunci: Penguatan Karakter, Rema, Seni Baca Al-Qur’an
Referensi
N. Illahi, ‘Implementasi Nilai Nilai Al-Qur’an Dalam Pendidikan Karakter Usia Remaja’, J. Asy-Syukriyyah, vol. 20, no. 2, pp. 107–123, Oct. 2019, doi: 10.36769/asy.v20i2.84.
R. Andika, ‘Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an pada Kalangan Remaja di Era Digital’, vol. 1, 2018.
A. Ali, ‘Pendidikan Akhlak dan Karakter sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia’, Hawari J. Pendidik. Agama Dan Keagamaan Islam, vol. 2, no. 1, Jul. 2021, doi: 10.35706/hw.v2i1.5310.
F. H. Maula, ‘Model Pendidikan Karakter Qur’ani di Raudhatul Athfal Labschool IIQ Jakarta’, Andragogi J. Pendidik. Islam Dan Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 174–189, Mar. 2020, doi: 10.36671/andragogi.v2i1.81.
R. N. Anwar, ‘Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak’, J. Pendidik. Dan Konseling JPDK, vol. 3, no. 1, pp. 44–50, Feb. 2021, doi: 10.31004/jpdk.v2i2.1342.
J. Jumriani, M. R. N. Handy, B. Subiyakto, S. Syaharuddin, and N. Izmi, ‘Program Baca Tulis Al-Qur’an; Sebuah Habituasi Pendidikan Karakter Pada Anak Di Kecamatan Anjir Muara, Barito Kuala’, PAKIS Publ. Berk. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 1, no. 2, Sep. 2021, doi: 10.20527/pakis.v1i2.4004.
H. Nurisman, N. Suyana, A. Fahrudin, and S. Widiyarto, ‘Penguatan Literasi Baca Qur’an: Penanaman Karakter pada Anak-anak Pedagang Pasar’, Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 214–219, Jul. 2022, doi: 10.31004/cdj.v3i1.3689.
L. Qomariyah and R. Khotamir Rusli, ‘Implementasi Metode Talaqqi Melalui Kegiatan KKN AKB Di PAUD QU AR-RAHMAN PANDANSARI’, Educivilia J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 133–138, Jul. 2022, doi: 10.30997/ejpm.v3i2.6216.
Z. A. Achmad and A. Rukajat, ‘Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an TPQ Darussalam’, J. Islam. Stud., vol. 5, no. 1, 2022.
F. Suryani, ‘Metode Mentoring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pemantauan Karakter Siswa Berbasis Afeksi Selama PJJ’, Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 6, no. 3, Sep. 2021, doi: 10.51169/ideguru.v6i3.275.
J. S. I. Km, K. Badak, K. Bogor, and J. Barat, ‘Penggunaan Media Audio Berbasis Mp3 dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Hadis Pada Siswa Pondok Pesantren Tegal Luhur Bogor’, vol. 4, no. 1, 2024.
Muh. S. Romadhon, A. Rahmah, and Y. Wirani, ‘Blended Learning System Using Social Media for College Student: A Case of Tahsin Education’, Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 160–167, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.111.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Muzakkil Anam, Achmad Dardiri, Marzuki, Ahmad Muzakkil Anam, Yayan Rubiyanto, Hamdhan Djainudin

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global.