Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Di Desa Sembulung Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.57203/abdiwangi.v2i1.2024.44-52Kata Kunci:
strategi, Pemasaran digital, penjualan UMKMAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sembulung menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha di era digital. Tantangan ini meliputi keterbatasan pemahaman dan kemampuan dalam memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produk secara efektif. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi praktis dan aplikatif melalui penerapan strategi pemasaran digital yang relevan. Kegiatan ini juga menganalisis potensi produk lokal yang memiliki nilai jual tinggi serta strategi optimalisasi platform digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hasil pengabdian diharapkan mampu memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan produk UMKM dan pertumbuhan ekonomi lokal. Selain itu, pengabdian ini berkontribusi dalam memberikan referensi bagi pelaku UMKM dan pemangku kepentingan terkait, sebagai upaya memperkuat daya saing usaha di tengah perubahan lanskap pemasaran global
Referensi
A. Wapa, “Penerapan ( Tabel Pejumlahan Pintar ) TAPEntar Terhadap Pembukuan Keuangan Usaha Tape Di Desa Pakem Bondowoso,” vol. 1, no. 2, pp. 94–102, 2024.
G. Anisah, “Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro,” Mafaza J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.32665/mafaza.v1i1.256.
Y. Desnelita, G. Gustientiedina, W. Susanti, D. Nasien, and R. Noratama Putri, “Pkms Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 266–272, 2019, doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.3662.
A. Wapa and A. Wijaksono, “PROGRAM PAWON URIP SEBAGAI UPAYA MEMENUHI,” J. Abdiwangi | J. Pegabdian Kpd. Masy. Vol. 1 | No. 1 | Oktober 2023 | Hal 54-64 https//jurnal.poliwangi.ac.id/index.php/abdiwangi, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023.
P. Adi et al., “Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Produk Pertanian di Desa Bodag, Madiun, Jawa Timur,” PRIMA J. Community Empower. Serv., vol. 6, no. 2, p. 126, 2023, doi: 10.20961/prima.v6i2.65249.
E. Kurniawan, N. Nofriadi, and D. Maharani, “Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM,” J. Pemberdaya. Sos. dan Teknol. Masy., vol. 1, no. 1, p. 31, 2021, doi: 10.54314/jpstm.v1i1.542.
P. N. Anggraeni, E. Suryowati, and N. Aini, “Sosialisasi Dan Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Desa Rejoslamet Mojowarno,” Wahana Dedik. J. PkM Ilmu Kependidikan, vol. 5, no. 1, p. 145, 2022, doi: 10.31851/dedikasi.v5i1.7737.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 agus wijaksono, Andi Wapa, Imam Hidayat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global.