Tanggung Jawab Perusahaan, Pariw PERAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN

Penulis

  • Nurul Septiyaningsih Universitas Airlangga
  • Bambang Suharto Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.57203/ijent.v2i1.2024.41-47

Kata Kunci:

Tanggung Jawab Perusahaan, Pariwisata Berkelanjutan, Bintan Resort

Abstrak

Industri pariwisata merupakan sektor ekonomi yang dinamis, menyumbang signifikan terhadap perekonomian global, termasuk di Indonesia. Meskipun memberikan manfaat ekonomi seperti penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan negara, dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat lokal juga ditemukan. Konsep pariwisata berkelanjutan dan praktik tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) menjadi fokus untuk menanggulangi dampak tersebut. Studi kasus Melati Bintan Resort menunjukkan implementasi CSR yang berhasil, dengan fokus pada pelestarian budaya, perlindungan lingkungan, dan pengembangan masyarakat. Metode literature review sistematis (SLR) digunakan untuk mengeksplorasi tren terbaru dan praktik CSR dalam industri pariwisata. Hasilnya menunjukkan bahwa CSR dapat meningkatkan citra perusahaan dan menarik wisatawan yang peduli terhadap keberlanjutan. Melalui integrasi CSR dalam operasionalnya, Melati Bintan Resort menciptakan dampak positif berkelanjutan, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan dan inovasi dalam pencapaian keberlanjutan yang lebih luas dan berdampak.

Referensi

Agyearong, A., & Wang, C. (2020). Corporate social responsibility and sustainable tourism development: A meta-analysis. Journal of Sustainable Tourism.

Bramwell, B., & Lane, B. (2016). Corporate social responsibility and tourism: A theoretical review.

BRC, A. (2020). Pariwisata Bintan Bangkit Kembali. https://bintanresortcakrawala.com/kadin-bintan-dukung-brc-bangkitkan-pariwisata-bintan/

Hall, M., & Jones, C. (2019). Corporate social responsibility and sustainable tourism: A critical review.

Jeantheau, T., & Birin, A. (2018). Corporate social responsibility and sustainable tourism development: A case study of the Accor hotel group in France.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. https://www.kemenparekraf.go.id/

Lindex. (2022). Sustainability Report 2022. Report:, 1–69.

Maulidiana, L. (2018). Pengaturan CSR Menuju Pembangunan Berkelanjutan. In Maulidiana, Lina.

Mizoram, R. M. (2024). UNWTO: Perjalanan Internasional Melonjak di Tahun 2022 – DW – 18.01.2023. https://www.dw.com/id/unwto-perjalanan-internasional-melonjak-di-tahun-2022/a-64431732

Natra Bintan. (n.d.). Natra Bintan, a Tribute Portfolio Resort. https://www.marriott.com/en-us/hotels/tnjtx-natra-bintan-a-tribute-portfolio-resort/overview/

R. H. Cassen. (2016). Source : International Affairs ( Royal Institute of International Affairs 1944- ), Vol . 64 , No . 1 ( (Vol. 64, Issue 1). https://doi.org/0198772491

Sunaryo, S. (2015). Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan. Masalah-Masalah Hukum, 44(1), 26. https://doi.org/10.14710/mmh.44.1.2015.26-33

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Tanggung Jawab Perusahaan, Pariw PERAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN . (2024). International Journal of Entrepreneurship and Tourism, 2(1), 41-47. https://doi.org/10.57203/ijent.v2i1.2024.41-47

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.