English
DOI:
https://doi.org/10.57203/ijent.v2i1.2024.1-13Kata Kunci:
Tourist Facilities, Visitor Loyalty, Attractions, WaterparkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fasilitas Wisata terhadap Loyalitas Pengunjung ke Transera Waterpark Kota Bekasi, berdasarkan urgensi dari penelitian ini yaitu meningkatkan kesadaran pihak Transera Waterpark akan penting nya memiliki fasilitas wisata yang baik dan terawat. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan pegumpulan sampel menggunakan media kuesioner dan sampel diolah dengan beberapa teknik pengujian yaitu uji kualitas data yang terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas, Uji Analisis Deskriptip, uji hipotesis yang terdiri dari Uji Regresi Linear Sederhana, Uji-t, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Korelasi. Setelah dilakukan uji, dapat disimpulkan bahwa Fasilitas Wisata berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pengunjung Transera Waterpark Bekasi dengan besar pengaruh yaitu 41,8% dan persepsi pengunjung terhadap fasilitas wisata berada pada kategori tinggi atau baik.
Referensi
Abdul Aziz, Z., Suprapto, H., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan BisnisUniversitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, F. (2020). PENGARUH FASILITAS DAN PENGALAMAN PENGUNJUNG TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PENGUNJUNG (Survey pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). In Jurnal Studi Manajemen Organisasi (Vol. 17, Issue 2). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/32470
Ade Naftarisandy. (2019). PENGARUH FASILITAS WISATA DAN CITRA DESTINASI SERTA MEDIA SOSIAL MELALUI KEPUASAN TERHADAP MINAT BERKNJUNG KEMBALI KONSUMEN DI WISATA KAWAH WURUNG BONDOWOSO. Universitas Jember.
Ajijah, J. H., & Selvi, E. (2021). Pengaruh kompetensi dan komunikasi terhadap kinerja perangkat desa. 13(2), 232–236.
Albar Alaydrus, Labandingi Latoki, & Zulkifl. (2020). PENGARUH PROMOSI, FASILITAS DAN LOKASI DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA PERMANDIAN MILENIUM WATERPARK PALU. Jurnal Ekonomi Trend, 8(1).
Amalia, R., & Sudibyo, A. G. (2020). Pengaruh Kampanye Public Relations No Straw Movement Terhadap Loyalitas Pengunjung Kona Koffie. Inter Script: Journal of Creative Communication |, 2(1), 73–85.
Andes Rahmat Fajrin, Gatot Wijayanto, & Sri Endang Kornita. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, Vol. 32.
Candra, K., Heryanto, B., & Rochani, S. (2019). Analisis Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan, Jenis Kelamin, Dan Usia Terhadap Produktifitas Tenaga Kerja Pada Sektor Industri Tenun Ikat Di Kota Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 38. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.428
Dewi Purnama, P., & Dwi Milania, I. (2022). Analisis Kinerja Aset Fasilitas Pendukung pada Dreamland Water Park Ajibarang, serta pengaruhnya terhadap Kepuasaan Pengunjung Perfomance Analysis of Supporting Facilities Assets at Dreamland Water Park Ajibarang, and Its Influence on Visitor Satisfaction. In Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas (Vol. 6, Issue 2).
Dilla, N., Parimita, W., & Suherdi, S. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT RICKINDO. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2), 409–428. https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i2.567
Dini Mustika Damayanti. (2019). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan Di Candi Bumi Ayu Kabupaten Pali. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Husain, B. A., & Santoso, A. B. (2023). Pengaruh Pandemic Covid-19 Terhadap Jumlah Wisatawan Ditinjau dari 4A (Attraction, Accesbilitas, Amenitas, Anchilary) Studi Kasus Masyarakat Pulau Harapan. Jurnal Manajemen & Pendidikan , Vol.1.
Ilham Raka Guntara, Tantri Puspita Yazid, & Rumyeni. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN KAMPAR MENUJU KOTA LAYAK ANAK TINGKAT UTAMA. Public Service And Governance, 4.
Mashuri, M. (2020). Analisis Dimensi Loyalitas Pelangan Berdasarkan Perspektif Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 54–64. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.212
Muslim, M. B. C. (2022). PENGARUH ATRAKSI, AKTIVITAS, AMENITAS DAN AKSESBILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN NUSA BALI. Jurnal Visi Manajemen, vol.8.
Nafiudin, Andari, Denny Kurnia, & Andini Tia Safitri. (2021). Pentingnya Desain Ulang Pekerjaan Dan Deskripsi Pekerjaan Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi Covid 19. Sains Manajemen , 7.
Natanael Ariesandi Rusli, & Estika P Sani. (2022). PENGARUH PENGAWASAN TEAM WORK DAN KEDISPILINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PT. PRIMADAYA PLASTISINDO. JURNAL RISET MANAJEMEN DAN AKUNTANSI, 2(1).
Nurmala, Sullaida, & Damanhur. (2022). PENGARUH FASILITAS WISATA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI UJONG BLANG LHOKSEUMAWE. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22.
Olivia, J., & Nurfebiaraning, S. (n.d.). PENGARUH VIDEO ADVERTISING TOKOPEDIA VERSI “JADIKAN RAMADAN KESEMPATAN TERBAIK” TERHADAP RESPON AFEKTIF KHALAYAK (Vol. 7).
Pariyanti, E., & Buchori, R. (n.d.). OBJEK WISATA DAN PELAKU USAHA (Dampak Pengembangan Objek Wisata terhadap Ekonomi Masyarakat). www.pustakaaksara.co.id
Pratama, S. A., Intan, R., Mahasiswa, P., Dosen, D., & Unsurya, M. (n.d.). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI EKSPOR PT. DUA KUDA INDONESIA.
Priska Regina E. Mamesah. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Lucky Inn Manado.
Prof. Dr. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Purnomo, E., & Suhendra, E. S. (2020). Analisis masa kerja dan promosi terhadap kinerja karyawan BPJS Ketenagakerjaan. JURNAL NUSANTARA APLIKASI MANAJEMEN BISNIS, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i1.13801
Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. In Productivity (Vol. 2, Issue 3).
Septiawan, J. (2021). IDENTIFIKASI SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA WISATA EMBUNG CERME DESA SANGGANG.
Syaiful Anwar, R., Ikhwan, S., Khojin, N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U. M., Setiabudi, K., Brebes, J., & Tengah, I. (n.d.). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Kedai Kopi He Kafei). In Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (Vol. 1, Issue 1).
Tia Nur Safitri. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BATAM CITY HOTEL. Universitas Putera Batam.
Transera Waterpark. (n.d.). Retrieved September 20, 2023, from www.transerawaterpark.co.id
Virginia Saway, W., Alvianna, S., Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (n.d.). DAMPAK ATRAKSI, AMENITAS DAN AKSESIBILITAS PANTAI PASIR PUTIH KABUPATEN MANOKWARI TERHADAP KEPUASAAN WISATAWAN BERKUNJUNG. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PB/index
Wahyudi, A. S., Sukowiyono, G., & Hamka. (2023). WISATA WATERPARK DAN HOTEL DI DESA BATANGANKABUPATEN BANGKALANTEMA: ARSITEKTUR TROPIS. Jurnal PENGILON, Volume 7.
Wulandari, R. W., Sidanti, H., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (n.d.). SIMBA SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 4 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun PENGARUH FASILITAS WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA WISATA LAWU PARK TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH.
Yana Riza, F., Antosa, Z., & Witri, G. (n.d.). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Yuliana, L., Nim, R., Ekonomi, J., Fakultas, S., Dan, E., & Islam, B. (2023). PENGARUH FASILITAS DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA TELAGA NGEBEL PONOROGO SKRIPSI Oleh.
Z. Novandaya, & H.B. Wijaya. (2021). Pengaruh Nilai Kepuasaan Faktor Suplai terhadap Loyalitas PengunjungPada Objek Wisata Posong. TEKNIK PWK(Perencanaan Wilayah Kota).