Pemberdayaan Teaching Factory Nutrition Care Center Dalam Meningkatkan Pelayanan Gizi Kepada Masyarakat

Penulis

  • Demiawan rachmatta putro mudiono Politeknik Negeri Jember
  • Indah Muflihatin Politeknik Negeri Jember
  • Andri Permana Wicaksono Politeknik Negeri Jember
  • Nanang Dwi Wahyono Politeknik Negeri Jember
  • Waridad Umais Al Ayyubi Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.57203/abdiwangi.v2i1.2024.36-43

Kata Kunci:

e-Kesehatan, pelayanan gizi, machine learning, android

Abstrak

Kesehatan merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat dalam penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui konsep e-Kesehatan (e-Health). Layanan gizi di Teaching Factory Nutrition Care Center (TeFa NCC) masih dilakukan secara manual, sehingga memerlukan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendigitalisasi layanan gizi guna mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, serta mendukung operasional petugas secara lebih efektif. Metode yang digunakan melibatkan pendekatan partisipatif dengan tiga langkah utama: rancang bangun aplikasi, sosialisasi, serta monitoring dan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan gizi serta kepuasan pengguna. Pengembangan aplikasi E-Stagi berbasis Android menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan efisiensi layanan, dengan 34% pengguna merasa sangat mudah mengoperasikan aplikasi. Monitoring juga menunjukkan aplikasi ini mempermudah pengelolaan data oleh petugas dan akses informasi gizi oleh masyarakat dibandingkan metode tradisional. Meskipun terdapat kendala teknis dan kurangnya familiaritas pengguna, pelatihan lanjutan dan pembaruan aplikasi diperlukan untuk mengoptimalkan pemanfaatannya.

Referensi

I. Mutia, W. N. Cholifah, and Y. Yulianingsih, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android sebagai Media Penyampaian Informasi Kesehatan di Posyandu,” J. PkM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, p. 266, 2020, doi: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4158.

World Health Organization, Global strategy on digital health 2020-2025. Geneva: World Health Organization, 2021.

H. Fitriani, “Analisis Implementasi Layanan E-Puskesmas Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Di Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin,” J. Public Adm. Bus. Rural Develoment Plan., vol. 5, no. 2, pp. 46–62, 2023, doi: 10.69741/jpublic.v5i2.155.

L. L. M. H. Hermansyah Y, “Efektivitas Penerapan Aplikasi M-HEALTH Untuk Posyandu Di Puskesmas Kembang Seri Kabupaten Bengkulu Tengah,” J. Inf. Syst. Public Heal., vol. 2, no. 1, pp. 57–67, 2017.

M. Eliza and F. Idayanti, “Implementasi Layanan E-health dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ketabang Surabaya,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 9, no. 12, pp. 1–20, 2020, [Online]. Available: http://dinkes.surabaya.go.id

D. R. P. Mudiono, A. P. Wicaksono, I. Muflihatin, I. Nurmawati, N. Muna, and R. A. Sutantio, “Implementation of Nutritional Status Information System in Improving NCC Services,” Int. J. Heal. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 9–16, 2024, doi: 10.47134/ijhis.v2i1.34.

R. Diana, H. Warni, and T. Sutabri, “Penggunaan Teknologi Machine Learning Untuk Pelayanan Monitoring Kegiatan Belajar Mengajar Pada Smk Bina Sriwijaya Palembang,” JUTEKIN (Jurnal Tek. Inform., vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.51530/jutekin.v11i1.709.

A. Roihan, P. A. Sunarya, and A. S. Rafika, “Pemanfaatan Machine Learning dalam Berbagai Bidang: Review paper,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 75–82, 2020, doi: 10.31294/ijcit.v5i1.7951.

World Health Organization, “Body mass inder-for-age (BMI-for-age),” World Health Organization, 2024. https://www.who.int/toolkits/child-growth-standards/standards/body-mass-index-for-age-bmi-for-age

Unduhan

Diterbitkan

30-10-2024

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Pemberdayaan Teaching Factory Nutrition Care Center Dalam Meningkatkan Pelayanan Gizi Kepada Masyarakat. (2024). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Banyuwangi, 2(1), 36-43. https://doi.org/10.57203/abdiwangi.v2i1.2024.36-43