Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SDN 1 Sepanjang Melalui Program Agroschooling
DOI:
https://doi.org/10.57203/abdiwangi.v1i2.2024.77-85Kata Kunci:
Literasi, Numerasi, Agroschooling, pelatihan, akademisAbstrak
Peningkatan literasi dan numerasi merupakan fokus Kemdikbud RI, mengingat rendahnya kemampuan siswa Indonesia di bidang ini. Program agroschooling di SDN 1 Sepanjang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui kegiatan bercocok tanam. Metode pelaksanaan program ini melibatkan sosialisasi, pelatihan, dan praktik lapangan selama tiga bulan. Sosialisasi bertujuan mengoreksi pemahaman tentang literasi dan numerasi, serta memotivasi peserta untuk mengikuti program. Pelatihan memberikan pengetahuan dasar tentang perawatan tanaman, dan praktik lapangan memungkinkan siswa menerapkan pengetahuan tersebut dalam kegiatan bertani yang nyata. Hasilnya, siswa menunjukkan antusiasme tinggi dan peningkatan keterampilan literasi dan numerasi melalui kegiatan yang kontekstual dan relevan. Mereka belajar memilih bibit, merawat tanaman, menghitung kebutuhan air dan pupuk, serta membuat laporan perkembangan tanaman. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan akademis, tetapi juga nilai-nilai tanggung jawab, kerja sama, dan cinta lingkungan
Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i1.5185
Hidayat, M. N. F., & Fawaid, A. (2023). PkM Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi melalui Program Kampus Mengajar di SMP Negeri 3 Pakuniran Satu Atap. GUYUB: Journal of Community Engagement, 4(1), 34–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/guyub.v4i1.5928
Oktyajati, N., & Rachmawatie, S. J. (2020). Program Early Agroeducation Pada Siswa Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Program Sustainable Agriculture. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 86. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i2.40760
Saputro, W. A., & Saputro, F. E. N. (2020). Program Agroschooling pada Siswa Sekolah Dasar SD 01 Manang untuk Meningkatkan Minat terhadap Bidang Pertanian. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 68. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.1.68-79
Tenny, Nisa, A. K., & Murtaplah. (2021). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Proses Belajar dan Mengajar. 101.
Warji. (2012). Program Early Agroeducation Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 54–60.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fena Dheta Sukma, Dian, Atnic, Fani, Fikri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal ini menyediakan open access yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global.