KAJIAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP ANGKUTAN ONLINE DI KOTA BANYUWANGI

Authors

  • Yunita Nur Afifah Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Siska Aprilia Hardiyanti Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Wahyu Naris Wari Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.57203/jriteks.v1i1.2022.1-8

Keywords:

Transportasi Online, Persepsi Pengguna, Chi-Square, Banyuwangi

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia yang semakin tinggi menimbulkan inovasi-inovasi baru. Salah satunya yaitu penggunaan transportasi online yang sering diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Pada tahun 2019, di Kabupaten Banyuwangi sudah terdapat beberapa jenis penyedia jasa transportasi online antara lain Gojek, Grab dan Bangjek. Ketiga jasa transportasi online tersebut memiliki kriteria dan persepsi berbeda-beda bagi pengguna disetiap transportasi online tersebut. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui kepuasan pengguna dari ketiga jasa transportasi online dari Grab, Gojek, dan Bangjek. Dapat mengetahui persepsi pengguna pada masing-masing transportasi online yang tersedia di Banyuwangi, kemudian data diolah dengan menggunakan uji Chi-Square. Data yang diperoleh dengan cara survei langsung dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai chi-square hitung lebih besar dari koefisien chi-square, untuk nilai chi-square pengguna Grab yaitu 295,853, pengguna Gojek yaitu 296,990, dan pengguna Bangjek yaitu 292,289, untuk nilai koefisien chi-square yaitu 252,864 dengan df 291 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima bahwa ada hubungan antara persepsi pengguna terhadap masing-masing angkutan online di Kota Banyuwangi. Berdasarkan bobot kuesioner persepsi pengguna menunjukkan persepsi masyarakat di Banyuwangi berdasarkan kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna terhadap angkutan online yaitu paling banyak memilih pengguna Gojek.

References

Cook, C. W. ., & Hunsaker L, P. (2001). Management and Organizational Behavior, Third Edition. Mc Graw- Hill, Irwin, Boston Burr Ridge.

Hardaningtyas, R. T. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Grab) Di Malang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 42–58. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.60

Hardiyanti, S. A., & Ulfiyati, Y. (2021). Analisi Pemilihan Moda Tansportasi Konvensional dan Online di Banyuwangi. JMPM : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 37–44.

Hardiyanti, S. A., Wari, W. N., & Ariadi, D. F. (2019). Perbandingan Kinerja Angkutan Umum Konvensional dan Angkutan Umum Berbasis Online di Banyuwangi. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 5(2), 11–18. https://doi.org/10.52166/ujmc.v5i2.1626

Hardiyanti, S. A., Wari, W. N., & Romadi, A. S. (2019). Pengaruh Tarif terhadap Pemilihan Moda Transportasi Online dan Konvensional Di Kota Banyuwangi. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 5(2), 1–9. https://doi.org/10.52166/ujmc.v5i2.1625

Hardiyanti, S. A., Wari, W. N., Sandi, D. M. N., & Tyas, A. A. (2019). Analisis Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. JMPM : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 103–112.

kumparannews. (2017). Azwar Anas Ingin Ojek Online Jangkau Daerah Pedalaman di Banyuwangi. Kumparan.Com.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 8, Pub. L. No. 8 (1999).

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

KAJIAN PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP ANGKUTAN ONLINE DI KOTA BANYUWANGI. (2022). Jurnal Riset Teknik Sipil Dan Sains, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.57203/jriteks.v1i1.2022.1-8