PERBANDINGAN KATEGORI TINGKAT PELAYANAN JALAN RAYA PASAR MINGGU MENGGUNAKAN SOFTWARE KAJI DAN PTV VISSIM
DOI:
https://doi.org/10.57203/j-riteks.v3i1.2024.11-16Keywords:
Segmen Jalan, Tingkat Pelayanan, KAJI, PTV VissimAbstract
Banyaknya jumlah perpindahan penduduk ke kota besar akan mempengaruhi nilai kapabilitas infrastruktur transportasi khususnya pada bagian jalan raya. Dari persoalan tersebut, maka pengujian berupa analisis pelayanan pada suatu segmen jalan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui hasil kelayakan jalan dalam menampung kendaraan yang lalu lalang. Jalan Raya Pasar Minggu adalah salah satu jenis jalan arteri sekunder, yang saat ini perlu dilakukan observasi karena adanya masalah kemacetan pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kategori tingkat kinerja jalan Raya Pasar Minggu menggunakan perangkat lunak, terhadap hasil sensor perhitungan kendaraan yang didapatkan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu perangkat lunak KAJI yang berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan PTV Vissim yang merupakan pemodelan mikrosimulasi lalu lintas 3 dimensi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tingkat pelayanan dari kedua perangkat lunak memberikan kategori yang sama dengan hasil sensor perhitungan lalu lintas, yaitu pada arah Kalibata memiliki kategori F yang mengindikasikan kondisi jalan tidak stabil karena terjadi antrean yang cukup panjang. Sedangkan arah Kota Depok memiliki kategori C, dengan deskripsi saat pengendara tidak bebas dalam memilih laju kendaraan walaupun arus lalu lintas masih dalam kondisi konstan. Hasil dari kategori tersebut menandakan bahwa Jalan Raya Pasar Minggu perlu mempertimbangkan perbaikan pada segmen jalan.
References
Irhami, N. I., & Wibisono, R. E. (2023). Studi Komparasi Software KAJI dan VISSIM dalam Analisis Kinerja Lalu Lintas pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Perempatan Jl . Raya Menur - Jl. Kertajaya, Surabaya). Journal UNESA, 1(1), 85–94.
Irwanto, & Haryoko, S. (2023). Kota Jakarta Selatan Dalam Angka 2023. In I. Rani (Ed.), BPS Kota Jakarta Selatan. h
Prasetiawan, J., & Utamy, R. (2021). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Dan Alternatif Penanganannya (Studi Kasus : Ruas Pemenang – Bayan Km 57+000 – 58+000). Jurnal HANDASAH, 1(1), 9–13.
Rokhman, A., Putri, D., & Siswoyo, S. D. (2022). Analisis Ruas Jalan Nasional Klari Kabupaten Karawang Menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Forum Mekanika, 11(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33322/forummekanika.v11i1.1635
Salean, S. T., & Basytaman, T. (2021). Kajian Arus Lalu Lintas Dalam Rangka Penanggulangan Kemacetan Di Jalan Raya (Kasus Jalan Raya Siliwangi Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi). Jurnal Teknokris, 24(2), 53–61.
Sari, N. M., Salonten, & Supiyan. (2021). Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Ruas Jalan Metode PKJI 2014 Dengan Metode Greenshield, Greenberg Dan Underwood. Jurnal Kacapuri : Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 4(1), 286–297.
https://doi.org/10.31602/jk.v4i1.5276
Setiawan, A., Prasetyo, H. E., Soerjatmodjo, I. S., Novriani, S., Nusantoro, A., Yulia, A., & Himawan, P. G. (2023). Perbandingan Kecepatan Pada Bundaran Dengan Menggunakan PTV VISSIM. Jurnal Konstruksia, 15(1), 169–178.
https://doi.org/10.24853/jk.15.1.169-178
Siburian, M. D., Kumaat, M. M., & Rumayar, A. L. E. (2023). Analisis Kapasitas Dan Indeks Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus : Jl. W.R. Supratman Depan Minimarket – Masjid Raya Ahmad Yani). Jurnal Tekno, 21(84), 639–649.
Widhiastuti, Y., & Rahmawati, A. N. (2024). Analisis Geometri Dan Perlengkapan Jalan Di Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Bojonegoro – Babat (STA 13+000 s/d 14+000). Jurnal Cahaya Mandalika, 3(3), 994–1016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syaima Radestya, Nurma Yunita, Krisna Warianti, Aulia Choiri Windari, Ribut Nawang Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.